Tujuh Kiat Diet Sehat

Berdiet bukan berarti mengurangi porsi makan secara drastis. Diet yang tidak seimbang hanya akan membahayakan kesehatan Anda. Sembilan kiat dari Geniusbeauty berikut bisa menjadi jalan keluar untuk diet Anda.

1. Jangan sampai kelaparan. Berdiet bukan berarti membiarkan perut Anda kelaparan dalam waktu yang lama. Jika Anda makan saat keadaan sangat lapar, maka jumlah makanan yang akan Anda santap pun akan semakin banyak. Kalori yang masuk ke tubuh pun semakin banyak. Ketimbang membiarkan perut kelaparan, lebih baik sediakan kudapan sehat yang memiliki kalori rendah seperti buah-buahan atau yoghurt agar perut tidak terlalu kelaparan.

2. Padu padan menu makanan. Yang perlu diperhatikan dalam berdiet adalah padu padan menu yang Anda santap. Perhatikan betul kombinasi yang ada, apakah sudah sesuai dengn kebutuhan kalori setiap hari. Jangan-jangan makanan yang Anda santap hanya menambah lemak, namun memiliki gizi dan kalori yang tidak sesuai. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya konsultasikan ke ahli gizi.

3. Pilih jenis minuman. Minuman yang paling cocok bagi mereka yang berdiet adalah air putih. Minum soda, teh botolan atau jus buah kemasan justru mengandung gula dan kalori yang banyak. Jika ingin minum jus, sebaiknya bikin jus Anda sendiri dari buah yang segar. Sehingga Anda bisa mengatur kadar gula yang diinginkan.

4. Kunyah makanan dengan sempurna. Para ahli menyarankan Anda untuk mengunyah makanan minimal 30 kali kunyahan. Hal itu bertujuan agar perut tak lagi sulit mencerna makana yang masuk. Selain itu, mengunyah lebih lama memberikan waktu bagi perut untuk memberi sinyal ‘kenyang’. Jika Anda makan terlalu cepat, maka perut akan mengirim sinyal setelah Anda terlanjur makan banyak.

5. Menggunakan piring kecil. Mengganti piring dengan ukuran lebih kecil juga bisa menjadi ide diet yang bagus. Makan dengan piring yang lebih kecil akan memberi sugesti kita untuk makan dengan porsi yang lebih sedikit.

6. Makanlah di meja makan. Anda juga perlu fokus saat makan. Melakukan hal lain, misalnya menonton TV saat makan, hanya akan membuat Anda sulit mengontrol jumlah makanan yang disantap. Lebih baik makan di meja makan, sehingga fokus tidak terpecah.

7. Berhenti makan saat kenyang. Saat Anda merasa kenyang, sebaiknya berhenti menyantap makanan yang ada. Jangan membiasakan diri untuk menyantap seluruh makanan yang tersedia. Hal itu akan membuat Anda terbiasa makan dengan porsi yang banyak. Makanlah sesuai dengan kebutuhan.

Ayu Kinanti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s