Tips Bagi Online Shop Pemula

Online shop saat ini sudah menjamur dimana-mana. Website-website yang menawarkan kemudahan bagi individu-individu yang ingin membuat online shop gratis tanpa harus membuat domain dan menjaga kepercayaan pelanggannya, juga sudah marak dan ramai-ramai bersaing menarik user. Website-website itu rata-rata menawarkan kemudahan dan keamanan bagi para seller dan buyer agar saling tidak tertipu, walaupun ada juga yang hanya menjadi wadah bertemunya seller dan buyer untuk saling menghubungi tanpa campur tangan penyedia website.

Udah ah basa basinya, intinya cuma mau share tips bikin online shop kan?

1. RAMAH & SABAR

Yes, dengan membuka online shop, kamu pasti akan berinteraksi dengan banyak sekali karakter manusia. Ada yang nyebelin, ada yg males baca keterangan, maunya komplain melulu, bawel, dll, dsb, dst. Intinya, gak menutup kemungkinan kamu bisa dibuat nangis sama para customer mu, hahahaa.. Apapun keadaannya, inget, kamu harus tetap ramah. Percaya ajalah, pasti akan selalu ada sesuatu dibalik kesusahan dan kesabaran. Dengan sikap sabar dan ramah itu, sangat mungkin customer itu balik lagi, dan jadi customer potensial dengan terus belanja di toko kamu, jadi reseller, atau merekomendasikan toko kamu ke para kenalannya.

2. JANGAN SOK

Sok, songong, sombong, nyebelin. Semurah-murahnya produk yang kamu jual, seunik apapun, tetep, sangat mungkin ada cust yang males belanja di toko mu kalau kamu jutek banget. Aku misalnya. Hahahaha.. Aku sudah seringkali mengurungkan niat belanja di toko yang belum apa-apa sudah menuliskan ‘Baca rules toko kami. Bila tidak suka, jangan belanja di sini’. Oh, please.. Kamu tanpa cust mu juga bukan apa-apa kok, sombong amat.. Pasti ada banyak aku-aku lain yang malas berurusan dengan toko seperti ini. Ingat, kamu itu toko online. Cust mu itu tidak mendapatkan apa-apa selain gambar yang kamu pajang yang belum tentu persis sama dengan apa yang akan dia terima. Bisa saja cust mu itu belum pernah belanja online sehingga ia kesulitan. Bagaimanapun, ia adalah orang yang memberikanmu keuntungan yang bisa membantu atau malah menjadi satu-satunya penghasilanmu. Ia berhak mendapatkan layanan yang sama seperti bisnis offline. Ia berhak mendapatkan pejelasan sejelas-jelasnya tentang barang yang akan dia beli. Jangan lupa, kamu bukan satu-satunya online shop di Indonesia, apalagi di dunia! Online shop yang ada di tv aja ramah-ramah kok.. Jadi, selama kamu gak jual minions atau baju anti tsunami yang pastinya cuma kamu yang jual, gak usah sok ekslusif apalagi pake bilang ‘Kalo gak suka rules di sini, jangan belanja di sini’. Pasti banyak aku-aku yang lain yang bakal males berurusan sama kamu, dan lebih milih online shop lain yang sedikit lebih mahal tapi dilayani dengan baik. Jadi mengurangi cust juga kan? Kalo aku udah liat toko online shop kayak gitu sih udah pasti aku bilang, “Amit-amit deh..”

3. JUJUR

Berhubungan dengan poin diatas, kamu harus menjelaskan secara detil barang yang kamu jual, sehingga cust tidak kecewa dan lari, atau malah menjelekkan toko mu. Misalnya ada perbedaan warna dengan gambar yang ada, ukuran, bahan, dll. Jangan buat belanja online di tokomu terasa seperti beli kucing dalam karung.

4. FAST RESPONSE

Bila toko online mu bukan satu-satunya pekerjaanmu, berikan waktu tutup dan buka tokomu hingga cust dapat mengerti. Kamu juga pasti akan sangat senang bila mendapatkan pelayanan dengan cepat bukan? Misalnya saat mengantri, kamu pasti malas bila pelayanan di kasir lelet kan? Buang-buang waktu, betul kan? Begitu pula dengan cust mu. Malas rasanya bila menghubungimu siang, kamu balas malam. Bisa jadi ketika menunggu respon darimu, ia sudah membuka online shop lain dan sudah membeli barang yang serupa dengan barang jualanmu. Coba fikirkan bila ia adalah seorang dropshiper yang sangat mengharapkan responmu ketika cust nya bertanya mengenai barang yang kamu jual, dan ternyata cust nya itu adalah orang yang sangat bawel dan cerewet. Hampir bisa di pastikan bahwa dropshiper mu akan kabur dan beralih ke supplier lain. Selain itu, berikan pelayanan dengan mengirmkan barang secepat mungkin. Cust akan sangat senang bila barangnya di kirim di hari yang sama ketika ia memesan padamu.

5. JUAL DENGAN HARGA PANTAS

Bila kamu membeli barang seharga 50rb, apa pantas kamu menjualnya dengan harga 100rb? Cust mu berhak mendapatkan barang yang serupa namun berkualitas lebih dengan harga 2x lipat bukan? Menurutku, selain menipu, kamu juga riba yang jelas dilarang agama (bila kamu muslim). Harga menentukan kualitas bukan? Mengapa kamu memberikan harga grade A dengan modal grade C? Bukankah itu menipu? Lagipula, bila kamu mengambil untung sesedikit mungkin, kemungkinan kamu untuk menarik reseller akan semakin besar karena kamu menjual barang dengan harga murah. Lebih baik mengambil untung 1000 per pcs namun menjual 1jt pcs dibandingnya mengambil untung 50rb namun hanya menjual 50 pcs bukan? Jangan lupa, bisnis online semakin berkembang, yang artinya setiap hari akan selalu ada reseller baru yang mencari supp.

Mungkin sekian dulu tips dariku. Memang aku siapa sih? Aku bukan siapa-siapa kok.. Tips itu semua berasal dari pengalamanku belanja online, yang artinya pandanganku sebagai buyer. Aku juga masih belajar kok, karena aku juga sedang merintis bisnis online kecil-kecilan. Hahaha.. Sekalian promosi yaaa.. Cek koleksi baju murah firsthand, mukena first hand dengan brand sendiri, alas kaki yang bisa custom dengan request bahan, ukuran, dan warna, serta perawatan kulit yang halal dan aman dan sudah mulai go international di instagram bees_fashionshop dan twitter @BeeSFashionShop, pin 7DCFC893. Terimakasih.. ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s